Skip to content
Home » Selayang Pandang Qudwatunaa

Selayang Pandang Qudwatunaa

بسم الله الرحمن الرحيم

معهد قدوتنا للدراسات الإسلامية

QUDWATUNAA ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren kini telah hadir di Manna Bengkulu Selatan, Berawal dari keinginan dan azzam yang kuat diiringi niat yang ikhlas untuk membangun Pondok Pesantren lahirlah Qudwatunaa Islamic Boarding School  ,merupakan amalan yang mulia untuk kemajuan Islam dan kaum muslimin. Qudwatunaa adalah pilihan nama yang tepat, disematkan untuk Pondok Pesantren yang beralamat di Jalan Raya Padang Lebar No. 1 Masat, Desa Padang lebar, Kecamatan Pino, Manna, Bengkulu Selatan. Pesantren yang mengusung visi ‘Terwujudnya generasi Islam yang Unggul Sebagai Pengemban Risalah Dakwah Bermanhaj Ahlussunnah Wal Jamaah yang Rahmatan Lil alamin.’

Kehadiran Qudwatunaa Islamic Boarding School merupakan perpaduan kolaborasi dan kerjasama dengan pondok pesantren modern yang berprestasi di Kabupaten Bekasi Jawa Barat yaitu ‘Albinaa Islamic Boarding School.’ Suatu harapan akan lahirnya generasi yang sholeh dengan pembinaan iman, ilmu dan Taqwa, yaitu generasi yang membawa Islam  yang kaffah sebagai rahmatan lil alamin.

Untuk mewujudkan visi  dan misinya yang mulia, Qudwatunaa Islamic Boarding School menerapkan sistem Pendidikan boarding atau berasrama,   sehingga Qudwatunaa menyiapkan fasilitas pesantren yang lengkap dan modern, seperti :

  1. Masjid, keberadaan masjid sangat mutlak bagi sebuah pondok pesantren, maka qudwatunna telah membangun masjid yang representatif, besar dan megah dengan arsitektur yang modern perpaduan seni Islam yang indah dan kearifan lokal daerah Bengkulu yang penuh dengan keramahan, nyaman untuk berbagai kegiatan, khushu’ untuk beribadah, indah dan kondusif untuk halaqoh Al Qur’an sehingga akan terlahir dari masjid ini para hufadz dan hafidz yang haamilal qur’an. Masjid yang diberi nama Al Muhtadi ini juga sangat edukatif untuk pembelajaran bagi para santri dan semua jama’ahnya. Bahkan masjid Al Muhtadi kini telah di makmurkan dengan berbagai aktivitas ibadah seperti sholat lima waktu berjama’ah sehingga tidak kurang dari lima kali sehari semalam suara adzan berkumandang dari menara masjid yang tinggi ini seakan membangunkan semua yang tertidur di sekitarnya mengingatkan mereka agar segera menuju kemenangan dan meraih kesuksesan. Selain untuk sholat berjama’ah, masjid di Qudwatunaa ini juga dijadikan tempat untuk taklim dan kajian Islam dengan menghadirkan ustadz atau pemateri dari Pondok Pesantren Al Binaa Bekasi Jawa Barat, masjid ini juga sudah dijadikan tempat untuk mempelajari dan mengajarkan Al qur’an, belajar membaca dan menghafalkan kitabullah.
  2. Asrama, Qudwatunaa juga telah membangun dua unit asrama  yang nyaman dan aman untuk tempat tinggal para santrinya yang akan menuntut ilmu di Pondok Pesantren Qudwatunaa, Asrama yang telah di bangun dan di siapkan adalah bangunan baru dengan konsep modern, bangunan yang kokoh dengan dua lantai setiap unitnya,  dilengkapi dengan tempat tidur dan kasur beserta bantalnya yang baru tertata rapi, asrama ini juga ada fasilitas kamar mandi dan toilet yang bersih dan sangat memadai sehingga para santri bisa tinggal dan menuntut ilmu dengan nyaman di Qudwatunaa.
  3. Ruang kelas,untuk tempat kegiatan belajar mengajar maka qudwatunaa menyiapkan ruang-ruang kelas sesuai dengan jumlah santri yang ada di qudwatunaa, dengan harapan para santri selain mereka menghafal Al Qur’an mereka juga menguasai ilmu agama dan ilmu umum sebagaimana para siswa SMP pada umumnya
  4. Fasilitas lainnya juga akan di siapkan oleh Pesantren Qudwatunaa mulai dari math’am atau tempat makan, klinik dan sarana olah raga akan disediakan di Pesantren Qudwatunaa.

Ketersediaan fasilitas penunjang Pendidikan menjadi hal penting untuk memberi kenyamanan kepada para santri dalam belajar. Tersedianya Masjid yang representatif, Gedung asrama yang nyaman serta lingkungan Pendidikan yang asri. Semua itu menjadi suatu kesatuan yang terintegrasi didukung oleh para pendidik yang berpengalaman, berkompeten dan berjiwa pendidik serta memahami karakter dan perkembangan  jiwa para santri.

Kegiatan belajar dan  mengajar di pesantren Qudwatunaa tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas tapi juga di luar kelas dengan keseimbangan antara teori dan praktik, penguatan kemandirian   diterapkan di asrama dengan pengawasan melekat oleh para guru asrama dari bangun tidur hingga tidur kembali dengan berbagai aktivitas harian seperti sholat berjamaah di masjid, halaqoh Alquran, Muhadharoh, Public speaking, dan berbagai kegiatan lainnya yang dikembangkan oleh Pesantren Qudwatunaa.

Dengan penuh keyakinan dan tawakkal kepada Alloh mulai tanggal 1 Februari  Tahun 2022, Pesantren Qudwatunaa telah membuka pendaftaran santri baru Angkatan pertama, pada tahap perdana ini Qudwatunaa akan menerima 35 santri yatim dan dhuafa khusus putra yang akan diberikan beasiswa secara penuh. Qudwatunaa Islamic Boarding School memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya kaum muslimin untuk menyambut generasi gemilang dengan pembinaan iman, ilmu dan Taqwa.  

INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BARU QUDWATUNAA

TAHUN AJARAN  2022-2023 M/ 1443-1444 H وANGKATAN 1

📢 WAKTU PENDAFTARAN & SELEKSI

🗓 Pendaftaran : tgl 1 Februari s/d  31 Maret  2022

🗓 Tes Seleksi    : tgl 1  April 2022

Pengumuman hasil seleksi tanggal 3 April 2022

📢 SYARAT PENDAFTARAN

📌 Ikhwan ATAU LAKI-LAKI  usia maksimal 13 tahun

📌 Yatim atau Dhuafa

📌 Berakhlak & beradab baik

📌 Lancar membaca  Al Quran dan mampu untuk menghafal nya

📌 Memiliki tekad & komitmen kuat belajar di pondok  pesantren

📌 Berdomisili di sekitar pondok lebih diutamakan

📌 Bersedia mengikuti tes seleksi

📢 MATERI TEST SELEKSI

🎯Tes baca & tulis Al Quran

🎯Tes Hafalan Al Quran

🎯Tes Akademis

ALAMAT

Jl. Raya Padang Lebar No. 1 Masat, Manna, Bengkulu Selatan

email: qudwatunaa@gmail.com

☎️ INFO PENDAFTARAN

  • 0812 8118 4858 ( Admin )
  • 0853 8403 2445 (Abdurrohman Rohim)

———————————-

Silahkan dibagikan informasi penting ini kepada saudara saudara muslim lainnya yang membutuhkan.

“Barangsiapa yg menunjuki pada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

QUDWATUNAA membina Iman Ilmu dan Taqwa