Skip to content
Home » Private: News » PERESMIAN PESANTREN QUDWATUNAA

PERESMIAN PESANTREN QUDWATUNAA

PERESMIAN QUDWATUNAA ISLAMIC BOARDING SCHOOL

MASAT PADANGLEBAR PINO BENGKULU SELATAN

Rabu, 10 Agustus 2022 / 12 Muharram 1444 H

Sinar kebahagian terpancar dari seluruh stakeholder dan civitas Qudwatunaa Islamic Boarding School Padanglebar Pino Bengkulu Selatan seiring dengan diresmikannya Pondok Pesantren Qudwatunaa oleh Bupati Bengkulu Selatan bapak Gusnan Mulyadi, S.E, M.M. pada hari Rabu 10 Agustus 2022 bertepatan dengan tanggal 12 Muharram 1444 H. Hari tersebut adalah momen yang sangat berharga bagi seluruh santri, ustadz dan Pengurus Qudwatunaa serta masyarakat dan kaum muslimin di Bengkulu Selatan dan sekitarnya, karena di hari tersebut telah dinyatakan dengan resmi operasional Qudwatunaa dan dibuka secara langsung aktifitas kegiatan Qudwatunaa oleh bapak Bupati, dengan demikian tonggak sejarah Qudwatunaa telah di tancapkan dengan harapan akan banyak mengukir prestasi yang gemilang untuk kemaslahatan ummat dan terlahir generasi yang sholeh dengan pembinaan Iman, Ilmu dan Taqwa.

Acara peresmian dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al qur’an yang dibacakan oleh santri Qudwatunaa atas nama Ibnu Syibrammah yang berasal dari Bengkulu utara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, setelah itu sambutan oleh Ketua Yayasan Al Qudwah An Najiyah bapak Ir.H.Bambang Susigit, M.T. dalam sambutannya beliau menyampaikan asal mula dan niatnya untuk membangun fasilitas pendidikan untuk anak-anak yatim dan dhu’afa dengan beasiswa penuh sebagai bentuk kepeduliannya kepada sesama dan sebagai bentuk kontribusi nyata kepada mereka.

Berawal dari niat yang ikhlas dan azzam yang kuat untuk membangun pondok pesantren di kampung halaman. Sebagaimana yang kita ketahui kampung halaman adalah tempat dimana kita dilahirkan,tempat dimana kita punya ingatan yang mendalam tentang indahnya suasana dan hangatnya persaudaraan. Sejauh manapun kita melangkah, kota kelahiran tetap menimbulkan rasa rindu, cinta dan ingin berbagi, maka lahirlah Qudwatunaa Islamic Boarding School. Pembangunan Pesantren ini dirintis oleh beliau bersama keluarga besarnya putra dan putri bapak Soedomo yang berasal dari Jawa Tengah dan ibunya dari Palembang, serta Istri beliau Hj. Emi Astuti binti Muhammad Yunus yang kedua orang tuanya  berasal dari kelurahan Pasar Bawah, Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, beserta keluarga besarnya. Dan setelah pembangunan Qudwatunaa tahap pertama ini selesai beliau mempercayakan operasional dan pelaksanaan Qudwatunaa kepada bapak KH.Aslam Muhsin Abidin, Lc. Yang telah berpengalaman mengelola pesantren yang maju dan modern yaitu Pesantren Al Binaa Islamic Boarding School di Bekasi Jawa Barat.

Selaku Ketua Yayasan selain mengapresiasi kerjasama dan kolaborasi antara pesantren Al Binaa dan Qudwatunaa serta pemerintah beliau juga menyampaikan bahwa Yayasan Al Qudwah An Najiyah akan terus berusaha memfasilitasi dan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan di pesantren Qudwatunaa ini dengan harapan Qudwatunaa Islamic Boarding School bisa menjadi lembaga pendidkan yang berbasis pesantren terbaik di Bengkulu Selatan khususnya dan provinsi Bengkulu apada umumnya. Tidak lupa beliau juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada bapak Bupati Bengkulu Selatan bapak Gusnan Mulyadi, S.E, M.M. yang berkenan hadir untuk meresmikan Pondok Pesantren Qudwatunaa Islamic Boarding School.

Acara selanjutnya adalah penampilan santri – santri Qudwatunaa, dimulai dengan menyampaikan nasyid Mars Qudwatunaa yang di ikuti oleh seluruh santri Qudwatunaa, kemudian pidato tiga bahasa, yang pertama bahasa Arab yang disampaikan oleh ananda Donga Batara Ridho Agung Jibril Azali dari Kepahyang, pidato bahasa Inggris oleh ananda Azlan Khairillah dari Manna dan pidato bahasa Indonesia oleh ananda Kevin Aditya Putra Zahwan dari Kota Bengkulu.  

Setelah itu sambutan pimpinan Pesantren Qudwatunaa KH. Aslam Muhsin Abidin, Lc. dalam paparannya ust Aslam menjelaskan bahwa pendidikan anak sangat penting dan menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah karena amanat undang undang dasar 1945 adalah negara berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa dan pemerintah bertanggung jawab membentuk manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia, be;iau juga menjelaskan bahwa Pesantren Qudwatunaa akan senantia  mengajarkan kepada anak didiknya atau para santri agar hafal Al Qur’an.

Kemudian acara di lanjutkan dengan sambutan bapak Bupati Bengkulu Selatan, bapak Gusnan Mulyadi, S.E, M.M.  dalam sambutannya bapak bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada ketua Yayasan bapak Bambang Susigit dan Ibu Emi Astuti yang telah berkontribusi membangun fasilitas lembaga pendidikan Qudwatunaa sehingga ini akan menjadi motivasi pemerintah daerah Bengkulu Selatan untuk mensupport dan mendukung bahkan harus membantu amal baik yang seperti ini, Setelah memberikan sambutan dan membuka dengan resmi operasional Pondok Pesantren Qudwatunaa, bapak bupati menandatangani prasasti peresmian dan dilanjutkan dengan gunting pita sebagai tanda dibukanya Pondok Pesantren Qudwatunaa setelah itu bapak bupati berkenan melakukan visitasi dan melihat sarana dan prasarana yang ada di Pondok Pesantren Qudwatunaa, mulai dari masjid yang megah dan indah yaitu masjid Al Muhtadi, kemudian kantor pusat Yayasan, Math’am atau ruang makan, asrama santri, sarana olah raga ada lapangan futsal, basket, volli tenis meja dan sebagainya.

Penandatangan prasasti oleh Bapak Gusnan Mulyadi selaku Bupati Bengkulu Selatan

Fasilitas lainnya yang sudah ada di Qudwatunaa  ruang kelas, ruang guru, kantor kepala sekolah, kantor administrasi, ruang klinik, perpustakaan dan ruang meeting.

Untuk mengakhiri acara peresmian Qudwatunaa di tutup dengan do’a, foto bersama dan ramah tamah

QUDWATUNAA ISLAMIC BOARDING SCHOOL,

MEMBINAA ILMU IMAN DAN TAQWA